Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menghadapi Hari Gajian

Wanita dengan dollarHari gajian yang pada umumnya ditemui pada akhir bulan oleh masyarakat Indonesia memberikan beberapa fenomena social. Diantaranya seperti jalan yang macet hingga mall-mall yang penuh karena kebanyakan orang melakukan aktifitas belanja. Hari tersebut dapat dirasakan pada hari Sabtu dan Minggu, dimana sebagain besar masyarakat menghabiskan waktu malamnya untuk jalan-jalan di mall bersama keluarga, baik membeli kebutuhan bulanan keluarga, maupun membeli keinginan. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi fenomena ini agar keuangan anda tidak terganggu selama satu bulan sampai menemui hari gajian kembali. Simak beberapa tips dibawah ini untuk menghadapi hari gajian.

Mengatur dan Mempersiapkan Keuangan

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mempersiapkan perencanaan keuangan selama satu bulan. Pembagan bisa dimulai dari menuliskan daftar kebutuhan perbulan anda dan keluarga hingga mendapatkan jumlah yang diperlukan, kemuadian menentukan jumlah uang yang akan ditabung, dan yang terakhir adalah menentukan jumlah uang yang akan menjadi uang jajan keluarga. Uang jajan bisa berupa untuk makan di restoran, liburan atau membeli barang-barang mahal lainnya. Namun ada baiknya untuk mengkesampingkan uang jajan, dan diperioritaskan untuk ditabung.

Jangan Menghabiskan Uang Jajan di Minggu Awal

Jika anda memutuskan untuk menggunakan sebagian gaji tersebut untuk membeli keinginan anda, sebaiknya jangan digunakan pada minggu pertama atau minggu kedua setelah gajian. Pasalnya, pada umumnya toko-toko akan memasang harga yang relative lebih mahal, karena banyaknya permintaan pada minggu-minggu tersebut.

Menahan Nafsu untuk Mengeluarkan Uang

Tips terakhir yang perlu dilakukan ketika menghadapi hari gajian adalah menahan nafsu untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. MUngkin beberpa orang beranggapan bahwa sudah memiliki uang yang banyak, dan memiliki rencana untuk membeli suatu yang mahal. Hal ini dapat menyebabkan ketidak seimbangan terhadap keuangan anda, apa lagi jika anda belum melakukan perencanaan keuangan dalam satu bulan.

Itulah tiga tips untuk menghadapi hari gajian agar keuangan anda tetap aman dan stabil hingga akhir bulan dan bertemu kembali dengan pay day tersebut.