Tips Mudah Mendapatkan Premi Asuransi Murah

Berbagai macam kebutuhan sehari-hari sering kali menghabiskan banyak biaya-biaya dan perhatian yang kita miliki karena tidak mudah untuk dipenuhi. Kita bekerja siang dan malam hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena hal itulah kita melupakan hal terpenting dan yang harus dipenuhi, yaitu asuransi. Kita beranggapan premi asuransi mahal justru hanya akan membebani biaya bulanan saja padahal malah sebaliknya. Jika tidak menggunakan asuransi maka hidup kita akan penuh dengan ancaman. Mungkin disaat mudah risiko ancaman tersebut kecil tetapi jika sudah tua risikonya semakin besar. Padahal ada beragam cara untuk mendapatkan premi asuransi yang murah. Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu!

1. Mengambil asuransi di usia mudah lebih murah

Jika Anda menginginkan premi asuransi dengan harga yang murah Anda bisa mendapatkannya jika Anda membeli asuransi di usia muda. Kebanyakan perusahaan asuransi akan beranggapan bahwa saat Anda masih berusia 20-30 tahunan makan risiko Anda terkena musibah lebih kecil dari pada Anda ketika berusia 40-lebih. Semakin tua usia maka semakin tinggi biaya premi karena risikonya juga semakin banyak dan sebaliknya semakin muda usia maka akan semakin ringan premi asuransi karena risikonya juga kecil.

2. Memilih asuransi jiwa murni

Asuransi ini berbeda dengan asuransi unit-link yang punya manfaat ivestasi didalamnya. Asuransi jiwa hanya untuk memproteksi jiwa tertanggung saja. Tidak ada pengembalian premi kepada tertanggung karena sejumlah premi asuransi yang dibayarkan hangus pada akhir pembayaran. Jadi, asuransi murni hanya berfokus untuk memberikan proteksi saja dengan jumlah pertanggungan yang besar. Karena preminya murah maka tidak dapat dijadikan sebagai investasi.

3. Cermat ketika membeli asuransi rider

Ketika akan membeli asuransi maka para agen akan menawarkan asuransi tambahan (rider). Harga rider bisa dibilang cukup mahal karena penambahan rider akan berbanding lurus dengan penambahan biaya premi asuransi. Anda harus mempertimbangkannya dengan cermat sebelum membelinya. Pastikan juga hanya membeli yang dibutuhkan saja karena rider memang bisa dibilang penting. Penting juga untuk memahami rider yang dibeli dan mengerti manfaat yang diberikan.

4. Pilih asuransi keluarga

Banyak perusahaan asuransi menawarkan asuransi keluarga sebagai asuransi bersama. Ketika menggunakan asuransi ini premi asuransi tidak terpisah dan satu dengan anggota keluarga lainnya. Dan perusahaan hanya bakal menerbitkan satu polis untuk semua anggota (polis bersama). Biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan polis terpisah.