Tips Menangani Kecelakaan Lalu Lintas

Mungkin Anda sering melihat di jalan raya sesaat setelah terjadi kecelakaan dan kebanyakan orang hanya melihat tanpa memberikan pertolongan yang berarti. Nah hal tersebut sangatlah tidak berperikemanusiaan dan sebaiknya Anda tidak melakukan hal yang serupa. Hal ini mungkin terjadi karena banyak orang merasa tidak tahu bagaimana cara menolong korban kecelakaan dan takut jika salah menangani malah akan berakibat fatal. Tetapi sebetulnya Anda tidak perlu takut, karena menangani kecelakaan bukanlah hal yang sulit dan dapat dipelajari oleh siapapun. Bawalah selalu kotak P3K yang berisi plester, perban, kapas, obat antiseptic, serta kain bersih dan kantong plastik bersih. Namun ada beberapa hal lain yang wajib Anda ketahui saat terlibat dalam menangani kecelakaan. Yuk kita lihat di ulasan dibwah ini.

1. Jika Terjadi Pendarahan

Pastikan jika Anda menggunakan sarung tangan bersih saat menangani kecelakaan yang korbannya mengalami pendarahan. Tutup luka dengan kain atau kapas kemudian ikat dengan kencang menggunakan ikat pinggang atau tali. Jika pendaraah tetap tidak berhenti, jangan buka kembali perban yang telah dipasang, namun lapisi kembali dengan perban dan ikat lagi sekencang mungkin. Jangan coba – coba untuk mengeluarkan jika ada benda di dalam luka yang ada. Jika pendarahan yang dialami tidak terlalu parah, Anda dapat membawa korban ke pusat medis terdekat.

2. Saat Terdapat Luka Bakar

Menangani kecelakaan memang kadang membuat orang grogi apalagi saat melihat luka yang menyeramkan, salah satunya luka bakar. Saat korban mengalami luka bakar, langsung rendam luka di dalam air dingin sampai rasa sakitnya berkurang. Jangan membalut luka karena dapat menyebabkan pembengkakan atau iritasi, cukup di lapisi atau ditutupi dengan plastic atau kain bersih.

3. Jika Ada Patah Tulang

Kuncinya satu saat menangani kecelakaan jenis ini, jangan menggerakan bagian yang diduga patah, dan ikat bagian atas dari daerah yang sakit dengan kain atau gesper agar tidak bergeser.

4. Jika Ada Korban Yang Pingsan

Tips yang terakhir adalah jika korban pingsan, dapat dilakukan dengan membawa korban ke tempat yang datar dan jauh dari keramaian. Pastikan tempat tersebut banyak mendapatkan asupan oksigen, jaga pula barang – barang korban agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.