Ternyata Makanan Sehat Ini Bisa Menjadi Berbahaya

Hidup sehat dan bahagia adalah impian dari setiap orang yang dapat diwujudkan dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga, menciptakan suasana yang positif bagi pikiran, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Khusus untuk makanan sehat, banyak orang yang tidak suka dengan makanan ini karena identik dengan sayuran, rasa yang hambar, dan tampilan yang kurang menarik. Padahal dibalik semua itu makanan sehat menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ternyata, sumber dan cara pengolahan yang salah dapat membuat makanan – makanan sehat di bawah ini menjadi berbahaya, yuk kita lihat deretan makanan sehat yang ternyata bisa menjadi berbahaya.

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Olive Oil, merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun yang merupakan salah satu komoditi ekspor terbesar dari Mediterania. Minyak ini banyak digunakan untuk memasak, kosmetik, obat, bahkan hingga bakan bakar lampu tradisional di Timur tengah. Namun siapa yang menyangka jika minyak ini dapat berubah menjadi racun bagi tubuh manusia jika dipanaskan dengan suhu terlalu tinggi. Zat yang terkandung dalam minyak ini dapat berubah menjadi zat karsinogenik pemicu kanker jika bereaksi dengan panas yang terlalu tinggi. Untuk itu sebaiknya hindari menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng, dan lebih baik digunakan sebagai dressing untuk salad, pasta, atau makanan lainnya.

2. Kentang

Kentang merupakan makanan lezat sumber karbohidrat bagi tubuh manusia yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kentang dapat diolah menjadi kentang goring, kentang rebus, kentang panggang, bahkan sebagai bahan baku pembuat salad dan kue. Tapi sebaiknya Anda berhati – hati jika menemukan bagian kentang yang berwana hijau karena bagian tersebut mengandung racun alami bernama solanine yang dapat menyebabkan pusing, muntah, halusinasi, bahkan hingga kematian. Jika menemukan bagian berwarna hijau pada kentang, potong dan buanglah bagian tersebut.

3. Margarin

Margarin adalah mentega buatan yang terbuat dari minyak nabati yang mengandung susu, garam, dan zat pengemulsi. Banyak yang tidak tahu bahwa margarin ternyata mengandung heksana yaitu bahan kimia untuk industry yang bersifat toksik atau beracun.

Itulah beberapa makanan yang jika tidak diolah dengan baik dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu lihat juga artikel ini untuk makanan sehat lainnya sebagai bentuk perlindungan kesehatan.