Solusi Keuangan Masyarakat dengan Pemberdayaan Koperasi

Salah satu ciri dari bisnis berbasis sosial adalah koperasi. Koperasi ini muncul sebagai salah satu aksi sosial solusi untuk memberdayakan perekonomian masyarakat. Karena dalam masyarakat, masalah keuangan itu menjadi salah satu hal yang yang cukup besar dan perlu diberikan solusinya, maka keberadaan dari koperasi ini sangat penting sekali untuk didorong dan didukung keberadaanya. Dalam prakteknya koperasi ini bisa menolong banyak anggotanya untuk berbagai kebutuhan dari mulai kebutuhan dasar sampai dengan kebutuhan modal bisnis. Hal ini tentu akan sangat membantu secara sosial dimana keberadaan koperasi ini sungguh sangat bisa bermanfaat sekali untuk siapa saja yang ada di dalamnya.

Keberadaan koperasi kini sudah mulai tergerus dan tergantikan oleh keberadaan lembaga lain yang lebih besar seperti keberadaan bank dan lainnya. Padahal sebetulnya keberadaan koperasi ini harus dipertahankan dengan baik dan tetap berlaku serta banyak digunakan dalam aktivitas masyarakat sebagai salah satu ciri khas bangsa. Sebagaimana kita ketahui bahwa dulu koperasi ini sebetulnya menjadi salah satu lembaga keuangan masyarakat lokal yang sangat populer dan hampir ada dalam masyarakat sekitar.

Kenapa Harus Mengandalkan Koperasi?

Mungkin ada sebagian dari anda yang mempertanyakan mengenai alasan kenapa harus mengandalkan koperasi. Tentunya ada beberapa alasan tertentu yang membuat kita harus tetap memberdayakan koperasi ini. Salah satu kelebihan koperasi itu adalah ‘modalnya dari masyarakat, diolah oleh masyarakat, dan keuntungannya adalah untuk masyarakat itu sendiri’. Dengan begitu, maka ini akan menjadi sebuah keuntungan yang besar karena bisa menjadi lembaga keuangan yang berbasis sosial masyarakat dalam lingkup lokal kelompok wilayah.

Sistem Koperasi yang Lebih Fair

Keberadaan dari sistem koperasi ini sebetulnya dianggap lebih fair karena memang menjadikan target kesejahteraan anggota menjadi target dan tujuan utama. Koperasi ini tidak salah jika sering dimasukan dalam kategori usaha atau bisnis dengan basis sosial yang bisa membawa banyak perubahan. Keberadaan koperasi ini adalah sebagai salah satu bentuk untuk memberdayakan perekonomia warga tanpa harus meminjam uang ke rentenir saat membutuhkannya. Lalu meskipun ada bunga, itu semata-mata untuk kesejahteraan dirinya dan juga para anggota koperasi yang lainnya yang ikut sebagai pemegang saham / modal.

Perlunya Dukungan dari Banyak Pihak

Apabila kita menginginkan sistem koperasi ini tetap digerakan dan digunakan di beberapa lembaga keuangan masyarakat, maka perlu adanya dukungan dari semua pihak. Dukungan dari semua pihak itu sangat penting sekali untuk diperhatikan dengan baik agar kemudian bisa menjadi bagian utama yang akhirnya memang bisa menjaga keutuhan sistem koperasi ini. Peran ini tidak hanya datang dari masyarakat sebagai pengelola dari koperasi itu sendiri namun juga harus datang dari pihak pemerintah. Pemerintah jangan hanya memberikan dukungan pada perkembangan perbankan saja namun juga harus bisa memberikan dukungan pada lembaga keuangan kecil seperti koperasi.