Seputar Virus Zika Yang Perlu Anda Ketahui

Tahun 2016 merupakan tahun dimana sebuah virus bernama Zika berkembang dan memakan korban di banyak Negara, salah satunya Indonesia. Zika merupakan virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat atau lahir mempunyai kelainan. Tanda awal seseorang terkena virus Zika adalah adanya demam tinggi, muncul ruam di bagian – bagian tubuh tertentu, mata merah, pusing, dan nyeri sendi. Zika sangat rentan menyerang ibu hamil karena tidak hanya menyerang ibu hamil, namun juga janin yang sedang di kandung. Berikut ini adalah beberapa hal tentang virus Zika yang perlu Anda ketahui.

1. Berasal dari Uganda

Pertama kali teridentifikasi pada kawanan monyet di Uganda pada tahun 1947, kemudian virus ini diketahui menyerang manusia pertama kali pada tahun 1954 di Nigeria. Selanjutnya menyebar hingga Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik namun masih berskala kecil dan tidak dianggap sebagai ancaman yang terlalu berarti bagi kesehatan manusia. Namun secara tiba – tiba pada tahun 2015, virus ini menyebar dengan cepat di Brazil dan menjadi pandemi sehingga WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa virus Zika merupakan ancaman global dan sama penting serta berbahayanya dengan virus Ebola.

2. Disebarkan Oleh Nyamuk

Zika disebarkan oleh nyamuk yang sama yang menyebarkan demam berdarah dan chikungunya. Nyamuk tersebut adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua jenis nyamuk yang masih satu genus ini banyak ditemui di Benua Asia dan Benua Amerika kecuali Chile dan Kanada karena terlalu dingin. Penularan melalui hubungan seks juga dapat terjadi.

3. Apa Yang Bisa Dilakukan

Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan pasien yang terkena virus Zika. Maka dari itu tindakan pencegahan lebih baik untuk dilakukan daripada melakukan pengobatan. Gunakan pengusir nyamuk seperti obat nyamuk di rumah Anda, tutup jendela dan pintu atau beri kawat nyamuk, serta lakukan pula 3M yaitu mengubur barang bekas, menguras bak mandi, serta menutup tempat – tempat penampungan air.

Itulah beberapa hal seputar Zika yang patut Anda ketahui sehingga Anda dapat lebih berhati – hati nantinya. Ada baiknya juga lengkapi diri Anda dan keluarga dengan perlindungan kesehatan agar mendapat jaminan dikala Anda terkena penyakit.