Persiapan Berkendara Sebelum Mudik     

Mempersiapkan segala sesuatunya termasuk diri dengan baik sebelum mulai berkendara jarak jauh dapat membantu mengurangi risiko akan terjadinya kecelakaan sepanjang perjalanan. Persiapan sebelum berkendara memang sangat penting untuk kita lakukan, terutama jika kita akan menempuh perjalanan dengan jarak yang cukup jauh. Kecelakaan adalah hal yang sangat mungkin terjadi terutama akibat kelalaian dari pengemudi maupun faktor kesalahan pada kendaraan yang akan digunakan. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan, maka persiapan berkendara tidak boleh sama sekali diabaikan. Dibawah ini adalah beberapa persiapan berkendara yang harus dilakukan terutama sebelum kita berkendara untuk jarak jauh.

1. Memanaskan Mesin Kendaraan

Memanaskan mesin kendaraan sebelum berangkat seringkali tidak dilakukan oleh banyak pengendara, padahal hal tersebut dapat mempengaruhi performa mesin agar tetap prima selama digunakan. Memanaskan mesin akan membuat pelumas tersebar ke seluruh bagian mesin yang membutuhkan secara merata. Nantinya pelumas tersebut akan membantu komponen mesin agar tidak saling tergesek sehingga tidak akan mengurangi performa mesin.

2. Periksa Tekanan Ban

Memeriksa tekanan angin ban kendaraan sangat penting untuk dilakukan. Tekanan angin akan mempengaruhi keseimbangan kendaraan dan daya cengkram ban terhadap permukaan jalan. Ini akan menghindarkan kendaraan dari resiko tergelincir saat melewati jalanan yang tidak rata atau mengerem saat kecepatan tinggi.

3. Mengecek Lampu Kendaraan

Persiapan berkendara juga harus dilakukan terhadap komponen – komponen seperti lampu utama, lampu sein, juga lampu rem. Saat melewati jalanan yang gelap maka lampu kendaraan sangat dibutuhkan untuk membantu kita menghindari dari berbagai macam resiko seperti lubang, kendaraan lain, serta penyebrang jalan.

4. Gunakan Perlengkapan Dengan Standar Keamanan Yang Diakui

Selain kendaraan, persiapan berkendara juga wajib untuk dilakukan terhadap diri sendiri. Jika Anda pengendara motor, maka gunakan alat – alat penunjang keselamatan yang telah berstandar nasional seperti helm, pelindung siku dan lutut, serta sepatu. Perhatikan juga komponen pada kendaraan supaya telah sesuai dengan aturan serta undang – undang yang berlaku.

5. Miliki Jaminan Kecelakaan

Persiapan berkendara yang terakhir adalah jaminan kecelakaan. Pentingnya memiliki jaminan kecelakaan belum banyak disadari oleh banyak orang, padahal banyak manfaat dibaliknya. Jaminan ini dapat digunakan untuk mengcover berbagai biaya saat terjadi kecelakaan, bahkan jika terjadi korban jiwa maka keluarga korban akan mendapatkan santunan sesuai ketentuan yang berlaku.