Peran CSR dalam Membangun Fasilitas Umum di Masyarakat

Setelah ada regulasi tentang Corporate Social Responsibility (CSR), setiap perusahaan diharuskan untuk menganggarkan sebagian dana bantuan untuk kebutuhan sosial. Kini aksi sosial perusahaan memiliki kewajiban terhadap kebutuhan akan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal in sebagai salah satu kebijakan dari pemerintah agar perusahan-perusahaan yang beroperasi di indonesia mau peduli terhadap masalah dan kebutuhan sosial, sedikitnya di sekitar lingkungan sekitar perusahaan itu beroperasi. Jika ada perusahaan yang tidak menyalurkan dana CSR-nya itu, maka akan mendapatkan sanksi dari pemerintah yang tentunya cukup berat.

Apakah Ini Artinya?

Dengan adanya kebijakan mengenai keharusan menyalurkan CSR ini, sebetulnya bisa menjadi salah satu upaya yang baik untuk menjadikan perusahaan-perusahaan itu menjadi pro sosial. Mereka tidak hanya memperhatikan masalah bagaimana cara mendapatkan penghasilan sebesar-besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya, namun dari penghasilan yang didapatkan oleh perusahaan, ini juga harus disediakan dan diberikan kepada pihak yang membutuhkan. Perusahaan sebagai salah satu lembaga yang ada di tengah-tengah masyarakat harus bisa memberikan kontribusinya pada kehidupan masyarakat sosial dalam banyak hal.

Pentingnya Pembangunan Fasilitas Umum

Meski kewajiban atas pembangunan fasilitas umum itu adalah paling besar oleh pemerintah, namun semua pihak juga tidak ada salahnya untuk ikut membantu. Dalam hal ini, perusahaan juga bisa menjadi salah satu bagian yang direkomendasikan untuk ikut membantu melakukan perbaikan pada fasilitas umum ataupun mungkin membangun fasilitas yang baru. Sebagaimana kita ketahui bahwa fasilitas umum itu menjadi salah satu fasilitas yang sangat penting sekali karena mencakup kebutuhan masyarakat sosial masyarakat yang dibutuhkan.

Fasilitas Apa Saja yang Perlu Dibangun?

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa saja jenis fasilitas yang perlu kita bangun dalam fasilitas umum itu. Pastinya seperti kita ketahui bahwa ada banyak fasilitas umum yang dibutuhkan oleh masyarakat dan menjadi bagian dari aktifitas tertentu yang dilakukan setiap hari. Jika ada masalah dengan bagian fasilitas umum itu, maka akan ada hal yang terhambat pada kegiatan umum sebagaimana mestinya. Beberapa diantaranya adalah fasilitas WC umu, tempat ibadah dan lainnya yang merupakan fasilitas yang digunakan oleh seluruh anggota masyarakat yang membutuhkannya.

Bagaimana Proses Penyaluran CSR yang Benar?

Jika pembangunan fasilitas publik tersebut diandalkan pada CSR, maka sebaiknya proses penyaluran CSR itu sendiri dipelajari dengan baik. Dengan mempelajari proses penyaluran dengan baik, maka ini akan sangat membantu anda nantinya dalam mendapatkan dana CSR dengan proses yang benar. Proses yang benar itu adalah yang paling tepat dan paling bagus untuk diperhatikan dengan benar supaya sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar aturan hukum serta aturan yang berlaku. Selanjutnya penyalurannya juga sebaiknya dilakukan dengan baik agar tidak melenceng dan bisa tersalurkan dengan benar sebagaimana mestinya.