Penyebab Kecelakaan Yang Perlu Diketahui

Saat ini masih banyak orang yang lebih memilih kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum sebagai sarana transportasi mereka karena lebih cepat sampai di tempat tujuan, tidak perlu menunggu lama, dan pastinya menghemat biaya. Selain itu dengan kendaraan pribadi, pengendaranya bisa bebas prergi kemanapun di jam yang mereka inginkan atau tentukan tanpa harus menunggu seperti jika menaiki transportasi umum. Namun, apapun jenis transportasinya, pasti tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya resiko kecelakaan karena hal itu merupakan hal yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Tapi jangan khawatir karena meskipun kecelakaan bisa terjadi dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun, namun kita dapat mempersiapkan terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Salah satu hal yang harus diketahui adalah penyebab kecelakaan yang seringkali masih sering disepelekan oleh para pengendara. Mari kita lihat ulasannya dibawah ini.

1. Kondisi Fisik Yang Kelelahan

Konsentrasi yang hilang tiba – tiba saat tubuh mulai kelelahan dan mengantuk sangat berbahaya pada pemgemudi yang sedang berkendara. Nah saat tiba – tiba Anda mengalami hal ini, solusi yang terbaik adalah dengan mencari tempat peristirahatan sementara yang memungkinkan kita untuk beristirahat sejenak sampai tubuh kita bisa kembali segar untuk melanjutkan perjalanan

2. Kapasistas Angkut Yang Berlebihan

Kelebihan kapasitas angkut akan membuat kendaraan kehilangan keseimbangan dan mengurangi performa kendaraan. Maka itu, bawalah barang secukupnya dan pastikan tersusun rapi agar tidak menganggu pandangan serta konsentrasi kita saat mengemudi.

3. Mabuk

Ini adalah penyebab kecelakaan terbesar yang banyak terjadi pada anak muda saat ini. Banyak ABG yang berkumpul dan minum – minuman beralkohol sehingga menyebabkan mereka mabuk. Masalah timbul saat mereka memaksakan diri untuk mengemudi saat masih mabuk yang jelas – jelas dapat menganggu konsentrasi serta kemampuan dalam mengemudi Untuk itu jangan pernah mengemudi dalam keadaan mabuk, dan jika memang terpaksa harus pulang maka biarkanlah teman Anda yang membawa kendaraan atau gunakanlah taksi atau transportasi online.

4. Bermain Telepon Genggam

Penyebab kecelakaan satu ini juga banyak terjadi selama beberapa tahun belakangan. Perkembangan teknologi membuat banyak orang menjadi tidak bisa lepas dari gadget mereka termasuk saat mereka mengemudi. Padahal aturan dan undang – undang telah melarang seorang pengemudi untuk menggunakan telepon genggam mereka saat sedang menyetir. Menggunakan gadget dapat membuat pengemudi kehilangan konsentrasi dan tidak peka terhadap keadaan sekitar.

Itulah kira – kira beberapa penyebab kecelakaan untuk Anda ketahui agar kelak bisa mengurangi dampak saat terjadi kecelakaan. Lengkapi pula diri dan kendaraan Anda dengan asuransi kecelakaan yang memberikan banyak manfaat serta kelebihan.