Pekerjaan yang Tidak Disadari Menjadi Ujung Tombak Perekonomian

Indonesia merupakan negra persatuan dari banyaknya pulau, kebudayaan, suku, ras, golongan, dan kepercayaan. Indonesia bisa menjadi negara yang hebat berkat keberagamannya. Tidak hanya itu, dengan latar belakang yang berbeda-beda, terlahirlah berbagai macam pekerjaan yang bisa menopang perekonomian negara. Baik bisnis secara corporate atau perusahaan atau bahkan berwirausaha sendiri. Namun ada beberapa pekerjaan atau bisnis yang menjadi ujung tombak perekonomian nasional. Berikut adalah rangkuman beberapa pekerjaan yang menjadi ujung tombak ekonomi bangsa.

Wirausaha Kecil Menengah

Pekerjaan yang pertama ialah dengan menciptakan usaha atau binis sendiri. Selain dapat menghasilkan uang sendiri, anda juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Selain itu, wirausaha dapat meningkatkan pendapatan perkapita Indonesia, karena cash flow, atau uang yang selalu berpindah dalam transaksi hanya terjadi di dalam negri saja, dan tidak ada campur tangan pihak asing.

Pertanian

Pekerjaan yang kedua adalah pertanian dan perkebunan. Indonesia merupakan negara kepulauan yang masih memliki banyak lahan untuk ditanami tumbuhan. Salah satu pertanian yang menjadi ujung tombak adalah pertanian kelapa sawit. Banyak pertanian kelapa sawit di Pulau Kalimantan yang menghasilkan keuntungan besar. Sebagai negara yang masih memakan nasi dengan berbagai macam sayurannya, pertanian sayur mayor dan beras menjadi salah satu aspek penting dalam perekonomian dan dalam mensejahterakan masarakat.

Perikanan

Salah satu aspek yang menjadi sorot public beberapa saat lalu adalah aspek perikanan dan kelautan Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Menteri keikanan dan kelautan Indonesia yaitu Susi Pudjiastuti yang menghebohkan karena ketegasannya terhadap kapal asing yang menyabotase kekayaan alam Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana wilayah airnya sangat luas. Hal ini menyebabkan Indonesia mampu memberikan kualitas perikanan dengan baik.

Itulah ketiga pekerjaan yang mungkin tidak anda sadari yang mampu meningkatkan ekonomi negara Indonesia. Semoga dengan artikel ini, anda tergerak untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan cara yang baik dan benar. Dengan berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia, anda akan menyelamakan masa depan keturunan anda untuk Indonesia.