Mungkin Inikah Salah Satu Cara untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak di ASEAN, namun pendapatan per kapita Indonesia masih jauh dibawah Malaysia, bahkan Brunei masih memiliki pendapatan perkapita dua kali lipat dari Indonesia. Rasanya dengan usia negara yang sudah menginjak 60-an ini masih belum memaksimalkan pertumbuhan ekonominya. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan ekonomi cenderung fokus di pulau Jawa. Pemerintah mengusung program reklamasi pada pulau Jawa dan Bali, namun apakah program ini merupakan satu-satunya pilihan untuk mendompleng pertumbuhan ekonomi negara? Jika dilihat, Indonesia memiliki asset yang sangat banyak seperti ribuan pulau yang tersebar di lautan Indonesia dari barat hingga timurnya Papua. Program reklamasi bisa dialihkan menjadi program pengembangan pulau-pulau kecil untuk dijadikan objek wisata internasional.

Pengembangan Akses Pariwisata

Kita perlu menyadari bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki luas hampir dua juta kilometer persegi dan memiliki ratusan asset pulau yang tersebar. Ugas utama yang perlu dilakukan adalah membuka akses dengan mudah agar banyak orang yang bisa mengakses pulau tersebut dengan mudah. Dengan adenya akses transportasi yang mudah, pemerintah dan turis dapat menjangkau pulau tersebut dengan mudah.

Pengelolaan yang Profesional  

Beberapa pulau kecil sudah mulai dikelola dengan baik, seperti Karimun Jawa, Pulau Weh, dan Pulau Bidadari. Namun masih banyak pulau di Indonesia yang belum dikelolah dengan baik maupun yang masih terbengkalai. Dengan adanya akses yang mudah, seharusnya pemerintah mulai bisa mengembangkan satu persatu pulau secara professional. Mungkin mereka bisa mengambil contoh pulau Maldives sebagai acuan standard pulau pariwisata. Dengan mengembangkan penginapan berkelas Internasional dengan pelayanan nomor satu, niscaya pulau di Indonesia menjadi tujuan utama untuk menikmati keindahan kehidupan laut.

Pemasaran yang Menarik

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk mendompleng pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan pulau adalah sistem pemasaran atau program pemasaran yang menarik. Dengan adanya fasilitas dan potret keindahan setiap pulau, pembuatan brosur dan pemasaran digital bisa dimanfaatkan untuk memperluas informasi dari setiap pulau.

Itulah hal yang mungkin bisa menjadi salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ide-ide kreatif dari anak muda sangat dibutuhkan di sisi ini. Selain itu transparasi dana juga penting untuk mengsukseskan program ini.