Menghindari Kecelakaan Saat Mengendarai Motor       

Akhir – akhir ini rasanya sangat miris jika di televisi kita mendengar berita tentang kecelakaan kendaraan, yang menyebabkan luka parah bahkan hingga korban jiwa. Hal tersebut antara lain juga disebabkan oleh kelalaian dari pihak kepolisian yang bisa dengan mudahnya mengeluarkan Surat Izin Mengemudi atau SIM tanpa lebih dalam memperhatikan kesiapan mental serta pemahaman keselamatan dalam berkendara pemilik SIM. Namun daripada mempermasalahkan hal tersebut, ada baiknya kita menganalisis hal – hal yang kiranya menyebabkan kecelakaan dan semoga bisa menghindari kecelakaan tersebut. Menghindari kecelakaan sebetulnya tidaklah terlalu sulit, cukup dengan pemahaman yang baik tentang cara berkendara. Nah dibawah ini adalah ulasan yang untuk menghindari kecelakaan saat berkendara yang bisa Anda terapkan.

1. Persiapakan Diri

Ingatlah bahwa kecelakaan bisa terjadi dimanapun, bahkan di tempat – tempat yang tidak kita duga sebelumnya. Ingatlah pula bahwa jika Anda pengendara motor maka motor adalah kendaraan yang paling tidak stabil dan sangat mudah menyebabkan cedera yang sangat fatal jika seandainya terjadi kecelakaan. Jangan pernah lupa menggunakan helm, sarung tangan, sepatu, serta perlindungan tambahan lainnya bila diperlukan. Lengkapi juga surat – surat kendaraan seperti SIM dan STNK dan jang lupa

2. Persiapkan Kendaraan

Apapun jenis kendaraannya, apapun bentuk dan desainnya, pastilah selalu memperhatikan yang namanya keselamatan. Untuk itu, sebelum berkendara, pastikan kendaraan kita telah memenuhi unsur – unsur keselamatan, Pastikan pula untuk mengecek apakah lampu sein, lampu utama, dan lampu rem berfungsi dengan baik. Atur spion agar sesuai dengan posisi yang seharunya agar kita bisa melihat kendaraan di belakang dengan baik.

3. Waspada

Detail dari setiap jalur yang akan dilalui juga tidak boleh luput dari perhatian. Selalu waspada akan kondisi jalanan, keramaian, pengguna jalan yang lain, dan jangan mengebut saat melihat jalanan yang kosong, karena dapat muncul hal yang tidak terduga seperti pecah ban, orang menyeberang, atau kendaraan yang berhenti tiba – tiba.

4. Perhatikan Sikap Dalam Berkendara

Kesabaran dan ketenangan adalah kunci utama dari pengemudi agar perjalanan yang dilakukan bisa selamat dan aman sampai tujuan. Tidak perlu emosi saat disalip atau tersenggol pengendara lain, selalu mengalah dan memberikan jalan bagi yang membutuhkan akan membuat kita tenang dan tidak tergesa – gesa nantinya.