Mengenal Tentang Asuransi Perjalanan

Mungkin banyak dari Anda yang masih mempertanyakan perihal tentang asuransi perjalanan.gi sebagian orang tentunya masih asing mendengar produk asuransi yang satu ini tetapi jika Anda adalah orang yang suka jalan-jalan keliling dunia maka pastinya sudah tak asing lagi. Di Indonesia sendiri, penggunaan asuransi perjalanan masih belum wajib hukumnya. Sedangkan di Amerika atau di Eropa, jika ada warga negaranya yang ingin berpergian ke luar negeri maka diwajibkan untuk punya. Jika tertarik, berikut penjelasan mengenai asuransi perjalanan yang perlu diketahui.

1. Jenis asuransi

Ada beberapa jenis asuransi, yang paling umum adalah internasional dimana tipe ini dapat melindungi Anda dari berbagai risiko medis dan dalam kurun waktu yang ditentukan. Tetapi ada juga asuransi tahunan yang dapat menutupi perjalanan domestik dan internasional sepanjang tahun. Adapula perusahaan yang menyediakan asuransi khusus haji dan umrah dan asuransi domestik yang dapat melindungi seluruh perjalanan di Indonesia. Dan bagi Anda yang mahasiswa yang menjalani pendidikan di luar negeri dapat menggunakan asuransi student assits.

2. Cara mendaftar asuransi perjalanan

Anda tak perlu repot-repot jika ingin daftar asuransi perjalanan karena beberapa perusahaan asuransi dapat melayani pendaftaran secara online. Caranya sangat mudah, cukup mengunjungi situs perusahaan perjalanan tersebut lalu mengisi semua data diri, negara mana yang akan di kunjungi dan seberapa lama perjalanan yang akan dilakukan. Ketika sudah mengisi semua baru Anda dapat memilih jenis asuransi yang ingin diambil dan Anda bisa menggunakan kartu kredit sebagai premi asuransinya.

3. Cara klaim asuransi

Proses pengambilan dana asuransi dibagi menjadi dua skema. Pertama jika perusahaanya termasuk ke dalam worldwide provider, maka misalnya terjadi kecelakaan, Anda bisa menunjukan asuransi perjalanan Anda kepada pihak rumah sakit. Kedua, menggunakan skema reimburse. Jadi, ketika Anda jatuh sakit, maka Anda bisa berobat dinegara tersebut dan meminta keterangan dari dokter sebagai bukti pengajuan klaim. Yang harus Anda ingat adalah meniliti fasilitas yang diberikan dari asuransi tersebut.

4. Apa saja yang ditanggung?

Sebenarnya, asuransi perjalanan hanya menanggung biaya medis dari tertanggung saja selama berada perjalanan. Tetapi ada beberapa premi yang bisa ditambahkan untuk perlindungan lainnya. Seperti travel insurance yang melindungi dari kehilangan bagai atau penerbangan yang ditunda karena biasanya pihak maskapai tidak ingin ganti rugi dan ada juga perlindungan rumah selama pemiliknya sedang berpergian atau travel.