Melihat Cerita Seorang Wirausaha Sukses

Bob Sadino Erix Soekamti Gibran

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi seorang wirausaha sukses. Dalam kamus umum sudah sering disebutkan bahwa kerja keras, semangat, pantang menyerah, dan berdoa merupakan kiat untuk sukses. Namun bagaimana dengan penerapan yang seharusnya dilakukan untuk menjasi seorang wirusaha sukses? Melalui deskripsi singkat mengenai beberapa wirausahawan sukses ini, semoga Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk menjadi seorang wirausaha sukses.

1. Bob Sadino

Mendiang Bob Sadino, seorang yang memiliki ciri khas mengenakan kemeja dan celana pendek ini merupakan wirausaha sukses dan legenda bisnis Indonesia yang kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat. Bob Sadino merupakan keturunan orang yang mampu, hingga kedua orangtuanya meninggal dan mewarisi seluruh harta kekayaannya. Bob menggunakan uang tersebut untuk berkeliling dunia hingga sempat bekerja di Belanda dan Jerman. Tahun 1967, Bob kembali ke Indonesia dengan membawa dua mobil mewahnya. Salah satu mobil tersebut ia jual untuk membeli tanah di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Singkat cerita, Bob ingin memulai berwirausaha dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya.

Bisnis pertamanya yaitu menyewakan mobil mewahnya, namun bisnis tersebut harus terhenti lantaran mobilnya mengalami kecelakaan serius. Bob beralih profesi menjadi kuli bangunan dengan upah seratus rupiah perhari. Menghadapi perubahan ekonomi yang besar, Bob menjadi depresi hingga munculah seorang teman yang menyarankan untuk memelihara dan berbisnis telur ayam negri. Pada saat itu telur ayam kampong masih mendominasi pasar, sehingga pembeli telur dagangan Bob hanyalah kaum ekspatriat di daerah Kemang. Namun seiring berjalannya waktu, Bob memperkenalkan telur ayam negri kepada pasar dan kian menjadi populer hingga menjadikan bob seorang wirausaha sukses.

2. Erix Soekamti

Pentolan grup musik Endank Soekamti ini dapat dikategorikan sebagai seorang wirausaha sukses karena memiliki segudang ide bisnis berbasis digital dan memiliki sebuah sekolah animasi geratis. Pada awalnya Erix merupakan seorang musisi underground yang jauh dari kata mapan. Berkat kegigihan dan fokus pada taste, karakter dan irama musik khasnya, grup musiknya pun memiliki fans fanatic hingga saat ini. Tahun 2015 menjadi tahun yang bersejarah bagi Erix, pasalnya pada tahun tersebut ia berhasil membuat sekolah animasi geratis yang bermodalkan dari donasi. Donasi tersebut ia kumpulkan melalui chanel YouTubenya.

Dengan mencurahkan ide dan ambisinya, Erix berhasil memiliki rumah, iMac, proyektor, dan fasilitas penunjang lainnya untuk sekolah animasi. Saat ini, sokolah animasi yang diberi nama DOES University sudah memiliki dua angkatan dengan jumlah murid yang mencapai puluhan. Selain memanfaatkan dana daro donator, Erix juga berkolaborasi dengan beberapa pengrajin di Indonesia untuk memproduksi merchandise seperti kaos, tas kamera, alat musik bass, kacamata kayu, cincin, dan juga piercing. Berkat kegigihan dan kreatifitas yang dimiliki Erix, ia memperoleh penghargaan Social Entrepreneurship award atau wirausaha sosial dari salah satu bank di Indonesia.

3. Gibran Rakabuming Raka

Putra sulung dari Presiden Indonesia ke-7 ini memiliki kisah wirausaha sukses yang inspiratif. Pada awalnya Gibran bekerja pada perusahaan swasta selama beberapa tahun. Namun, setelah melihat gedung milik ayahnya yang tidak memiliki sistem catering, ia tergerak untuk memulai bisnis di bidang kuliner sebagai penyedia jasa catering. Ide untuk memulai wirausaha tersebut tidak dapat persetujuan dari ayahnya yang membuat ia tidak mendapat bantuan modal dari ayahnya. Menyikapi hal tersebut, Gibran membuat tujuh proposal usaha yang disebarkan demi mendapatkan modal usaha.

Dari ketujuh proposal tersebut hanya satu proposal yang berhasil mengucurkan dana dan support. Modal awal yang dimiliki Gibran ialah satu miliar rupiah dan hal tersebut membuatnya berhasil mendirikan catering Chili Pari. Selain bisnis catering, Gibran juga memiliki usaha makanan lainnya yaitu martabak, dengan memiliki ciri khas rasa yang beragam dalam satu martabak, bisnis martabak ‘Markobar’nya dapat dikatakan sukses karena sudah memiliki beberapa cabang dan produk awareness yang tinggi.

Itulah tiga dari sekian banyak tokoh yang bisa dikategorikan sebagai wirausaha sukses. Semoga artikel ini bisa menjadi inpirasi Anda untuk memulai bisnis dan menjadi seorang wirausaha sukses.