Makanan Berbahaya Untuk Anak Yang Perlu Dihindari

Berbagai kemudahan dan kenyamanan yang ada saat ini membuat hidup banyak orang menjadi lebih termanjakan. Kebutuhan primer dan sekunder juga semakin beragam jenisnya seiring berkembangnya inovasi dan kreatifitas dari setiap orang sehingga membuat gaya hidup anak – anak juga berubah. Jajan saat ini bisa dibilang menjadi sebuah kewajiban setelah pulang sekolah, berbagai jenis jajanan hadir “menyambut” para siswa – siswi setiap harinya tanpa mereka tahu bahaya atau efek kesehatan yang dapat timbul setelah mengkonsumsinya. Bagi para orang tua sebaiknya belajar untuk mengetahui jenis makanan berbahaya yang ada sehingga dapat menghindarkan anak dari bahaya penyakit yang mengintai.

1. Burger

Makanan berbahaya yang pertama adalah burger. Makanan ini kerap kali kita temui di depan sekolah dan akan dikerubuti oleh para pelajar setiap pulang sekolah. Burger memang lezat dan praktis dan harganya masih terjangkau untuk dompet pelajar saat ini. Yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah proses pembuatan daging burger yang rawan akan kontaminasi yang jika daging burger tersebut di konsumsi terlalu sering maka dapat menimbulkan resiko penyakit jantung serta obesitas. Selain itu kandungan MSG dan disodium inosinate yang bersifat aditif dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan anak yang sedang berada dalam proses pertumbuhan. Penyajiannya yang kerap kali jauh dari kondisi higienis juga membuat makanan cepat saji ini menjadi makanan berbahaya.

2. Chicken Nugget

Masih ingatkah Anda pada tahun 2003 ketika gerai makanan cepat saji McDonalds pernah digugat karena menyajikan nugget ayam yang bukan berbahan baku dasar daging ayam, malahan justru merupakan komposisi bahan sintetis, jagung, gula, dan lainnya. Ini tentunya berbahaya bagi kesehatan karena manfaat yang seharusnya dapat diperoleh dari daging ayam justru tidak didapat malahan terganti oleh bahan – bahan berbahaya tadi. Makanan berbahaya ini biasa hadir di depan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

3. Saus Sambal dan Tomat

Bakso, mie ayam, batagor, siomay, adalah jajanan yang juga biasanya hadir menemani burger dan chicken nugget. Nah, biasanya turut disajikan pula bahan pelengkap yaitu saus sambal dan saus tomat. Patut waspada karena sudah sering terjadi kasus dimana saus – saus tersebut menggunakan bahan yang tidak segar bahkan busuk.

Makanan – makanan berbahaya diatas adalah warning bagi para orangtua agar lebih berhati – hati dalam memberikan kebebasan pada sang buah hati, terutama dalam hal membeli sesuatu. Lebih baik siapkan bekal dari rumah agar anak tidak jajan demi melindungi kesehatan mereka.