Lima Tips Jitu Untuk Wirausaha Pemula

Saat ini banyak sekali jumlah wirausaha pemula, yaitu generasi muda yang lebih memilih untuk menjalankan bisnis sendiri dibandingkan dengan bekerja pada perusahaan. Hal tersebut berdampak pada banyaknya jumlah industri kreatif baru di Indonesia. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seorang wirausaha pemula bisa mengembangkan bisnisnya menjadi besar.

1. Perbanyak link

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki banyak link. Link yang dimaksud adalah orang-orang yang memiliki background yang beragam, contohnya seperti produsen, distributor, maupun competitor. Cara mudah untuk mendapatkan link yang banyak adalah dengan mengikuti sebuah komunitas yang fokus pada bisnis yang Anda jalankan. Dengan memiliki link yang beragam, kesempatan Anda untuk memperbesar bisnis akan semakin kuat.

2. Kenali resiko

Sebagai seorang pemula, Anda perlu mengetahui berbagai resiko yang dapat menyerang bisinis Anda. Resiko tersebut dapat berupa kompetitor, selera pasar, produsen dan resiko resiko lainnya. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengatur strategi bisnis sebaik mungkin dengan memperhitungkan segala resiko yang bisa terjadi dan mempersiapkan rencana cadangan untuk menanggulangi resiko tersebut.

3. Selalu belajar hal baru

Di era yang serba digital ini, informasi-informasi semakin mudah untuk didapatkan, takterkecuali informasi baru. Banyak sekali informasi informasi baru yang bisa didapatkan dan diterapkan didalam sebuah bisnis Anda. Inspirasi-inspirasi bisnis yang beragam dapat membantu seorang Anda untuk mengembangkan produknya dan menambahkan nilai lebih pada produk dagangannya. Janga pernah menutup akan adanya hal baru meskipun Anda sudah merasa berada pada puncak kesuksesan bisnis Anda.

4. Pahami kompetitor

Tips berikutnya adalah memahami kompetitor. Memahami yang dimaksud adalah mengetahui strategi yang digunakan, pattern pergerakan bisnis, dan apa yang menjadi nilai tambah bagi kompetitor. Dengan mengetahui keadaan kompetitor, seorang wirausaha pemula dapat mengatur strategi bisnis yang kompetitif untuk memenangkan pasar.

5. Jangan lupa melihat kebawah

Tips terakhir ialah jangan lupa akan masyarakat kecil. Jika bisnis Anda sudah berkembang dan cukup besar, ada baiknya untuk melakukan CSR kecil-kecilan. Dengan melakukan layanan publik tersebut, Anda tidak hanya sukses sebagai wirausaha pemula, namun Anda juga sukses sebagai seorang wirausaha sosial.

Itulah lima tips yang bisa diterapkan oleh seorang wirausaha pemula untuk mendapatkan kesuksesan. Semoga artikel ini dapt memberikan manfaat dan inspirasi pagi seluruh entrepreneur di Indonesia.