Kucuran dana CSR dari Perusahaan terhadap Dunia Pendidikan

Dunia pendidikan seringkali menjadi salah satu sasaran dalam penyaluran dana Corporate Social Respponsibility (CSR). Dana tersebut menjadi salah satu dana yang wajib dikeluarkan oleh pihak perusahaan untuk membantu kebutuhan umum atau sosial yang memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Dunia pendidikan bisa menjadi salah satu sasaran yang cukup tepat mengingat kini kualitas dan fasilitas pendidikan di indonesia yang masih belum begitu lengkap. Masih ada banyak masalah yang terjadi sehingga butuh banyak sentuhan tertentu yang pada akhirnya bisa mengatasi semua masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan tersebut.

Fenomena Pendidikan di Indonesia

Fenomena pendidikan di indonesia di sebagian daerah memang cukup mengkhawatirkan. Ada banyak sekolah yang tidak layak untuk dijadikan tempat belajar karena bangunannya yang tidak sesuai dengan standar atau mengalami kerusakan yang sangat besar. Selain itu, masih banyak juga masyarakat yang tidak memiliki kemampuan ekonomi yang cocok untuk menyekolahkan anak-anaknya. Hal ini tentu menjadi masalah besar yang yang harus menjadi perhatian banyak pihak tidak hanya perlu dijadikan bahan pertimbangan pemerintah namun juga perhatian banyak pihak termasuk perusahaan yang akan menyalurkan dana CSRnya.

Bantuan Pembangunan Sekolah

Salah satu penyaluran dana untuk pendidikan yang banyak dipilih oleh pihak perusahaan adalah dengan membangun sekolah. Dengan melakukan pembangunan sekolah, ini akan menjadi bagian penting yang pada akhirnya memang bisa menjadi bagian utama yang sangat sesuai nantinya. Dalam mendapatkan bantuan utama dalam bangunan sekolah ini, pihak sekolah diharapkan bisa menerapkan dana tersebut dengan baik. Dana tersebut memang sebaiknya bisa disalurkan dengan sangat baik sehingga kemudian akan berguna untuk keberlangsungan proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan kebutuhan.

Bantuan Biaya Pendidikan Ke Siswa Kurang Mampu

Target penyaluran dana tersebut juga bisa diberikan dalam bentuk biaya pendidikan kepada siswa yang kurang mampu. Jika memang siswa itu kurang mampu, maka ini penting untuk memberikan dana bantuan bagi mereka. Adapun bentuk penyaluran dana yang diberikan bisa dalam bentuk pembayaran SPP, pemberian fasilitas belajar atau mungkin pemberian beasiswa baik sebagian ataupun penuh. Hal itu sangat mungkin untuk diberikan oleh pihak perusahaan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya dalam hal pendidikan. Bahkan cara seperti ini dianggap lebih bermanfaat karena setidaknya bisa memperbaiki generasi yang akan datang.

Kucuran dana dari pihak perusahaan dalam bentuk CSR memang bisa disalurkan terhadap beragam kebutuhan masyarakat secara umum dari mulai perbaikan fasilitas publik sampai dengan biaya pendidikan. Pemberian CSR yang tepat dan banyak dilakukan juga selama ini adalah pemberian CSR terhadap kebutuhan dunia pendidikan dimana memang pendidikan ini menjadi tumpuan penting sebetulnya dalam keberlangsungan sebuah negara dan bangsa di masa yang akan datang kemudian aksi sosial.