Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri Dibandingkan dengan Bekerja Kantoran

Memiliki usaha sendiri atau bisnis sendiri memanglah susah susah gampang. Hal tersebut dikarenakan anda perlu menciptakan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan oleh market. Dengan tambahan keuntungan yang anda tawarkan, hal tersebut bisa menjadi kunci kesuksesan anda. Namun, anda harus selalu berhati-hati agar bisnis yang anda tekuni seslu bertahan dan mampu menguasai pasar.  Jika dibandingkan dengan bekerja kantoran, memiliki bisnis sendiri memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Berikut adalah penjelasan kelebihan dan sekaligus mungkin menjadi kekurangan dari perbandingan bekerja di bisnis sendiri dibandingkan dengan bekerja kantoran.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Salah satu keuntungan jika anda memulai bisnis sendiri adalah menciptakan lapangan pekerjaan baru. Artinya adalah anda menjadi bos atas diri sendiri, dan tentunya menjadi bos atas pegawai anda. Dengan menyediakan lapangan pekerjaan baru, secara moral anda sudah berjasa memberikan pekerjaan kepada orang-orang di sekitar anda. Selain itu, secara tidak langsung, anda sudah mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dan memberikan kesejahteraan bagi pegawai anda.

Meningkatkan Ekonomi Bangsa

Selain itu, dengan membuka bisnis dan lapangan pekerjaan baru, anda juga sudah turut meningkatkan ekonomi bangsa. Peningkatan ekonomi tersebut terjadi karena anda bisa menghasilkan barang atau jasa siap pakai dengan menggunakan sumber daya dalam negri. Artinya anda sudah membeli bahan mentah dalam negri, mengolahnya, dan menjualnya kembalik di dalam negri, atau pun dijual ke luar negri. Hal tersebut merupakan transformasi sebuah value suatu barang mentah yang menguntungkan ekonomi Indonesia. Dengan kata lain, anda membantu meningkatkan cash flow di Indonesia.

Fleksibel

Keuntungan ketiga yang akan anda dapatkan adalah fleksibilitas. Fleksibilitas dalam waktu, aturan, dan kebiasaan yang dapat disesuaikan dengan diri anda sendiri. Jika anda bekerja dikantor, maka waktu yang anda habiskan untuk bekerja adalah jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Namun jam tersebut tidak berlaku jika anda memiliki usaha sendiri. Anda bisa menyesuaikan jam tersebut terhadap diri anda dan kebutuhan bisnis anda.

Itulah tiga keuntungan jika anda memiliki bisnis sendiri. Jangan takut untuk memulai bisnis sendiri, karena adukungan sudah ada dari berbagai pihak, salah satunya adalah pemasaran. Proses pemasaran yang bisa digunakan dengan online sudah bisa diakses dan digunakan oleh semua orang. Menurut artikel disini, memasarkan produk secara online sangatlah mudah dan menguntungkan bagi diri anda dan negara.