Ini Dia Ramen Jepang Paling Favorit

Ramen adalah salah satu makanan Jepang yang popularitasnya sudah mendunia. Semua menyukainya, mulai dari kalangan bawah hingga atas. Rasanya yang lezat menyegarkan menjadi kelebihannya dan membuat hidangan ini dicintai mereka. Tapi, ternyata ramen Jepang hadir dari bermacam-macam jenis. Tak hanya itu, setiap jenis yang berbeda ini dapat mengantarkan Anda kepada pengalaman kuliner yang berbeda-beda pula. Penasaran apa saja rasanya? Simak ulasannya di bawah ini.

Shoyu Ramen

Shoyu ramen merupakan salah satu ramen Jepang yang paling populer. Jenis ramen ini memiliki kuah yang cukup ringan karena cenderung bening. Hanya saja warnanya kecoklatan yang menjadi ciri khasnya. Kuahnya terbuat dari campuran kecap asin khas Jepang yang akan memberikan sensasi gurih ketika Anda mengecapnya. Biasanya, ramen ini dimakan dengan tambahan topping daging ayam, sapi atau babi yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Shio Ramen

Shio ramen merupakan jenis ramen Jepang yang paling otentik jika dibandingkan lainnya. Ramen jenis ini sebenarnya berasal dari Cina, namun seiring dengan perpindahan penduduk dan juga akulturasi budaya, shio ramen pun datang dalam versi Jepang. Ciri khas ramen ini adalah kuahnya yang sangat bening dan hanya terbuat dari campuran garam laut saja. Tak hanya itu, kuahnya juga dicampurkan dengan kaldu ayam untuk memperkaya rasanya. Jenis ramen ini sangat cocok jika dipasangkan bersama topping telur setengah matang dan daun bawang.

Miso Ramen

Salah satu jenis ramen Jepang yang tak kalah populer dari dua menu diatas adalah miso ramen. Ramen ini memiliki ciri khas kuah yang kental dan kaya akan pasta keledai. Ramen ini berasal dari Hokkaido yang berudara dingin, sehingga masyarakatnya banyak mendapatkan influens sup pada makanan khasnya agar dapat memberikan kehangatan. Anda bisa menemukan ramen ini hampir diseluruh gerai ramen yang ada di Jepang.

Itulah beberapa jenis ramen Jepang yang bisa Anda coba sesampainya disana. Pastikan Anda untuk makan bersama orang terkasih agar pengalaman kuliner Jepang semakin berkesan lagi. Selamat makan!