Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Keinginan

Dalam kehidupan ada tiga aspek yang harus dipenuhi, yaitu sandang, pangan, dan papan yang artinya adalah pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Dari setiap aspek tersebut memiliki cabang lagi yang dibagi menjadi dua, yaitu, barang kebutuhan dan barang keinginan. Barang kebutuhan adalah barang yang wajib dibeli oleh setiap manusia agar dapat hidup sejahtera dan nyaman. Namun, keinginan adalah nilai lebih yang ada pada suatu barang tertentu yang dapat menambah value dari barang tersebut, namun tanpa nilai lebih tersebut, seorang manusia masih bisa hidup dengan nyaman.

Contoh dari kebutuhan adalah makanan dan pakaian, namun keinginan adalah makan di restoran mall atau hotel bingtang lima dan membeli baju branded di mall-mall. Dari perumpamaan diatas, dapat disimpulkan bahwa keinginan memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga kebutuhan manusia. Memiliki keinginan adalah suatu hal yang wajar, karena setiap manusia memiliki hasrat dan nafsu yang harus dipenuhi. Sama halnya dengan keinginan yang harus dipenuhi. Namun, jika setiap manusia selalu memenuhi keinginannya, maka ia akan bangkrut, karena keinginan manusia tidak aka nada habisnya. Nah, bagaimana cara mengontron keinginan tersebut saat berbelanja bulanan atau mingguan? Simak tiga tips dibawah ini.

Tentukan Barang yang Akan Dibeli

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menentukan barang apa yang menjadi keinginan anda. Biasanya barang yang menjadi keinginan merupakan barang yang memiliki harga yang relative mahal. Hal ini menyebabkan sesorang terburu-buru, atau memikir dua kali untuk membeli barang tersebut. Setelah menentukan barang keinginan anda, anda bisa lanjut ke dua step dibawah ini.

Lakukan Pengaturan Keuangan

Pengaturan keuangan setiap bulan bisa anda lakukan untuk memberikan jatah khusus untuk memenuhi keingan anda. Setiap hari gaji anda cair, anda bisa langsung mnyisihkan mana yang akan dignakan untuk belanja bulanan, ditabung, dan mana yang akan dijadikan jatah untuk memenuhi keinginan anda. Dengan menggunakan cara ini, keuangan anda tidak akan terganggu.

Bersabar dan Menabung

Tips kedua menahan nafsu untuk membeli keinginan adalah dengan cara menabung. Dengan mengikuti dua cara diatas yang mungkin penyisihan uang tersebut belum bisa membeli keinginan anda, sebaiknya anda menabung dan bersabar hingga uang tersebut terkumpul.

Itulah ketiga step yang yang bisa dilakukan untuk menahan diri dalam membeli keinginan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menaikkan status social anda hingga menyeimbangkan keuangan keluarga anda.