Deretan Startup Kreatif dan Terbaik di Indonesia

Bisnis startup sedang menjamur di tanah air karena keuntungannya yang begitu besar serta manfaatnya yang dapat langsung dirasakan oleh konsumen. Memulai startup mungkin terlihat mudah bagi kebanyakan orang, padahal faktanya dibutuhkan wawasan yang luas serta perencanaan yang benar – benar matang di setiap segi untuk memulai bisnis ini. Meskipun telah banyak startup yang bermunculan, namun inilah deretan startup kreatif dan terbaik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

1. Ecart Services Indonesia (Lazada)

Lazada merupakan salah satu perusahaan startup kreatif e-commerce terbaik di tanah air saat ini. Peluncuran perdana website Lazada terjadi pada tahun 2012 di Indonesia dan 4 negara tetangga yaitu Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Saat itu Lazada hanya mempunyai kurang dari 10 orang karyawan, dan baru menjual sekitar 4.000 produk yang dibagi ke dalam 4 kategori. Dalam waktu satu bulan, Lazada berhasil menarik 1.000 konsumen yang merupakan angka yang fantastis mengingat mereka waktu itu adalah perusahaan pemula. Dalam berbisnis, Lazada selalu mengedepankan kepercayaan dari para costumernya dan selalu merekrut supplier yang memiliki kualitas produk yang baik sehingga pelanggan tidak akan kecewa.

2. GOJEK Indonesia

Nadiem Makarim, CEO perusahaan GOJEK yang pernah mengenyam pendidikan SMA di Singapura, pendidikan sarjana di International Relations di Brown University Amerika Serikat, dan medapatkan gelar master di Harvard Business School ini awalnya prihatin dengan kondisi transportasi umum di Jakarta terutama ojek. Jalanan ibu kota yang macet, waktu yang tidak produktif dan sistem mangkal yang tidak efektif, didukung dengan rasa malas konsumen untuk mencari pangkalan ojek dan lebih memilih untuk memesan taxi, membuat Nadiem memutuskan untuk mendirikan GOJEK. Dengan pengaruh teknologi dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini akhirnya Nadiem membuat inovasi solutif yang dapat menghubungkan pelanggan dengan driver GOJEK melalui telepon genggam. Tentunya hal ini sangat efektif dan pada akhirnya sukses menarik jumlah konsumen yang begitu besar. Industri kreatif ini juga sukses menumbuhkan konsep bisnis yang sejenis seperti Grab Bike, Uber Motor, dll.

Itulah dua startup kreatif yang berhasil membangunstar bisnisnya di dalam negeri dan sukses menghadirkan inovasi yang solutif bagi masyarakat. Diharapkan pula banyak wirausaha muda dapat terinspirasi oleh kisah mereka.