Dampak Positif Menggunakan Produk Dalam Negri

Indonesia memiliki penduduk yang sangat banyak, dan menduduki ranking negara dengan penduduk terbanyak nomor empat di dunia. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi negara yang tepat untuk dijadikan pasar yang besar. Proses transaksi jual beli hingga ekspor impor sudah mendominasi pasar Indonesia dari tahun ketahun. Namun, taukah anda, jika membeli barang atau produk lokal lebih menguntungkan daripada membeli barang luar negri. Bagi sebagian produk, Indonesia memproduksi produk yang mampu bersaing bahkan memiliki kualitas lebih baik dibandingkkan produk import. Itulah salah satu alasan produk dalam negri lebih baik dibandingkan produk impor.

Meningkatkan Perekonomian

Dengan menggunakan produk dalam negri, kita telah ikut serta memajukan perekonomian Indonesia. Hal ini dikarenakan konsumsi barang dan perputaran uang hanya berada di dalam saja, tanpa ada campur tangan pihak asing. Semakin banyak uang yang berputar atau cash flow di dalam negri, maka kondisi keuangan negara akan semakin baik. Selain itu, dengan mengkonsumsi produk lokal,  kita telah ikut serta menaikkan gross domestic product, atau pendapatan per kapita yang akan menunjukkan level kesejahteraan ekonomi suatu bangsa.

Mensejahterakan Masyarakat

Selain dapat meningkatkan perekonomian bangsa, menggunakan produk lokal juga dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat. Pasalnya, jika kita mengkonsumsi produk lokal, berarti anda telah memberikan uang anda kepada wirausahawan dalam negri yang memiliki lapangan pekerjaan dari bisnisnya. Dengan membeli produk lokal ini, secara tidak langsung, anda sudah memberikan pekerjaan dan nafkah kepada pekerja atau buruh pada bisnis lokal tersebut.

Kualitas Terjamin

Dampak positif yang ketiga adalah anda akan mendapatkan kualitas yang terjamin jika di produksi dalam negri. Pasalnya, produk lokal, sebagain besar masih di produksi dalam jumlah kecil atau skala produksi rumahan. Hal tersebut menyebabkan produsen lebih fokus dan teliti dalam memproduksi produknya. Industri lokal saat ini masih fokus kepada produk fashion seperti sepatu, batik, denim, kaos, dompet, kemeja, dan lain-lain. Pemasaran ari produk tersebut juga bermacam-macam, seperti offline, retail, dropshipper, hingga online, seperti yang dijelaskan di dalam artikel ini.

Itulah ketiga keuntungan yang akan kita berikan dan dapatkan jika kita menggunakan dan membeli produk dalam negri. Selain murah, kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan produksi luar negri, bahkan bisa melebihi kualitas impor. Tetaplah mengkonsumsi produk lokal untuk menjadikan Indonesia bangsa yang besar dan mandiri.