Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga

Permasalahan kesehatan adalah hal penting yang tidak dapat diabaikan karena kita tidak dapat mempredikisi kapan kita akan sakit. Ancaman kesehatan datang dari mana saja yang bisa merugikan Anda dan keluarga. Cara untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan menggunakan perlindungan berupa asuransi kesehatan yang dapat memproteksi kesehatan keluarga Anda. Namun, banyak sekali jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan sehingga membuat bingung asuransi mana yang cocok bagi keluarga. Jika Anda bingung, berikut tips cara memilih asuransi yang tepat.

1. Mengenali jenis asuransi

Kenali dulu kebutuhan keluarga Anda ketika memilih asuransi. Ada dua macam asuransi kesehatan, yaitu paket dengan asuransi lainnya. Asuransi tipe ini biasanya menawarkan beberapa asuransi tipe lain, seperti asuransi jiwa dan asuransi investasi seperti asuransi unit-link contohnya. Akan tetapi, karena tidak hanya menawarkan asuransi kesehatan saja maka biaya premi jauh lebih mahal. Jadi, jika Anda merasa asuransi kesehatan saja cukup lebih baik menggunakan asuransi murni yang hanya untuk pertanggungan biaya kesehatan.

2. Cek pertanggungan rawat inap

Jangan lupa untuk memastikan pertanggungan rawat jalan dan inap karena ini sangat penting. Ketika memilih sesuaikanlah dengan budget yang Anda miliki. Jika budget Anda mencukupi dan sanggup Anda dapat menggunakan kedua fasilitas asuransi tersebut. Tetapi jika ada kendala soal budget lebih baik Anda memilih rawat inap sebagai pertanggungannya karena biaya yang ditanggung lebih besar. Seperti untuk biaya obat, kamar, dan dokter.

3. Pilih premi yang tepat

Asuransi kesehatan murah jelas menggoda banyak orang untuk menggunakannya. Namun, harga akan setimpal dengan yang didapatkan. Semakin tinggi harga premi maka semakin baik fasilitas yang didapatkan begitu juga dengan sebaliknya. Hanya karena faktor budget bukan berari Anda harus memilih asuransi yang murah tapi sesuaikan dengan kemampuan Anda. Bacalah klausul polis terlebih dahulu dengan seksama agar dapat memahami biaya yang harus dibayarkan dan macam perlindungan yang akan didapatkan. Ini dilakukan agar tak terjadi kesalahpahaman.

4. Mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi

Bukan hanya produk asuransi yang ditawarkan saja yang harus dicek tetapi kredibilitas perusahaannya juga harus dicek. Periksalah track record dari perusahaan tersebut. Apakah orang-orang puas dan senang dengan pelayanan perusahaan. Anda bisa mencari informasi dari orang-orang yang menggunakan jasa perusahaan tersebut. Ini dapat menjadi tolak ukur saat memilih perusahaan yang menyediakan asuransi.