Cara Membagi Uang Bulanan Agar Pegeluaran Tidak Berlebih

Tanggal dan hari gajianHari gajian merupakan hari yang sangat ditunggu tunggu bagi seluruh karyawan di dunia. Pasalnya, hari-hari sebelum hari gajian, keuangan mereka sudah menipis karena terlalu berfoya-foya saat menerima gaji. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan hidup yang kurang seimbang. Bagi beberapa orang, mungkin sulit untuk mengontrol keuangannya dan membagi uang tersebut karena terlalu focus untuk membeli berbagai keinginannya. Ada beberapa cara agar saat hari gajian tiba, anda tidak khilaf dan terlalu bernafsu untuk menghabiskan uang gaji bulanan tersebut. Salah satunya adalah dengan membagi uang tersebut kedalam beberapa poin kebutuhan. Simak cara membagi uang bulanan agar pengeluaran dan pendapatan anda seimbang dan tidak berlebih.

Tentukan Kebutuhan, Keinginan, dan Tabungan

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mebagi uang tersebet kedalam beberapa kategori. Kategori tersebut meliputi kebutuhan bulanan (seperti makanan harian, belanja bulanan, biaya listrik, air, sewa, dll), keinginan, dan beberapa uang untuk ditabung. Pembagian uang ini bertujuan agar anda memiliki limit uang untuk membeli sesuatu. Jika anda tidak memiliki limit tersebut, anda tidak akan berhenti untuk mengeluarkan uang.

Buka Rekening Bank dan Internet Banking

Setelah membagi uang kedalam beberapa kepentingan, anda sebaiknya membuka rekening tabungan di bank untuk menyimpan uang tabungan anda. Selain membuka rekening, anda juga perlu untuk mengaktifkan intenet banking untuk memantau tabungan anda. Pemantauan bertujuan untuk mengetahui jumlah asset yang anda miliki saat ini.

Catat Pengeluaran Harian

Setelah membagi uang dan menabung, anda juga perlu mencatat pengeluaran harian anda. Kegiatan ini bertujuan agar anda dapat memantau pengeluaran yang anda lakukan tiap harinya. Dengan melakukan pemantauan, anda bisa mengetahui seberapa besar uang yang sudah anda gunakan dari awal bulan hingga hari tertentu dan menghitung berapa sisa uang anda yang bisa dipakai dari limit yang sudah ditentukan pada caara pertama.

Itulah ketiga cara untuk membagi sekaligus melakukan perencanaan keuangan untuk keuangan pribadi anda. Semoga artkel ini bermanfaat dan memberikan ide untuk anda melakukan pembagian uang sekaligus mengontrol keuangan bulanan anda agar tetap sehat.