Cara Berkendara Mobil Yang Aman Untuk Pemula   

Bukan hanya sekedar kemampuan dalam mengendarai mobil yang harus dimiliki, namun sebagai pengemudi yang baik, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan dasar pemahaman teori berkendara saat di jalan serta undang-undang dalam berlalu lintas yang berlaku. Bagi yang baru pertama kali mengendarai mobil, pastilah ada perasaan takut, cemas, dan was – was akan hal – hal yang dapat terjadi. Tidak hanya itu, konsentrasi juga harus terbagi tentang bagian – bagian mobil, keadaan sekitar, serta teknik dan keselamatan berkendara. Nah bagi kalian para pemula, ada beberapa aspek penting tentang cara berkendara yang baik yang harus kalian perhatikan agar tetap selamat , yuk mari kita lihat.

1. Tetap Tenang dan Fokus

Usaha yang ekstra memang dibutuhkan saat pertama kali belajar mengemudi. Nah cara berkendara  aman adalah dengan tetap tenang serta fokus. Dua sikap tersebut akan membantu Anda selama perjalanan, karena jika perasaan khawatir dan panic menguasai diri  Anda maka pastinya akan membawa dampak yang buruk nantinya.

2. Perhatikan Kecepatan

Kemampuan dalam mengendalikan kecepatan adalah cara berkendara yang sangat diperlukan terutama bagi pemula. Banyak orang yang gelap mata saat melihat jalanan yang kosong sehingga memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain disekitarnya. Boleh – boleh saja sebetulnya memacu kendaraan di kecepatan tinggi namun hanya untuk hal darurat dan harus dibarengi pula oleh teknik yang benar dalam hal akselerasi dan pengereman. Nah jika ingin memiliki kemampuan yang mumpuni, maka asahlah intuisi Anda dengan sering – sering latihan sehingga bisa memperkirakan kapan dan seberapa dalam Anda harus menginjak pedal rem.

3. Perhatikan Posisi Tangan

Cara berkendara tak lepas dari posisi tangan saat berkendara. Posisi yang benar adalah tangan kiri berada di posisi jam 9 sedangkan tangan kanan ada di jam 3. Ini akan membuat tangan Anda leluasa dalam melakukan putaran setir.

4. Kenakan Sabuk Keselamatan

Setelah melakukan persiapan, jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman keselamatan yang dapat melindungi diri Anda saat terjadi benturan atau pengereman mendadak. Berhenti secara mendadak akan membuat tubuh Anda terdorong kedepan sehingga rawan mengenai bagian depan mobil.

5. Miliki Perlindungan Kecelakaan

Perlindungan kecelakaan memang diperlukan karena manfaatnya begitu besar dalam hal pertanggungan dari resiko yang dapat kita temui sepanjang perjalanan. Perlindungan kesehatan ini dapat memberikan kita jaminan dan kompensasi jika terjadi kecelakaan.