Brand Fashion Ternama Hasil Kerja Keras Anak Muda Indonesia

Perkembangan fashion yang begitu pesat dalam satu dekade ini membuat banyak pebisnis muda berinovasi untuk menciptakan produk yang berbeda dan unik agar dapat bersaing dalam bisnis kreatif yang ada. Beberapa brand ini sukses bertahan dan bersaing dengan banyak brand besar dan terbukti produknya masih diminati karena kualitasnya yang tidak dapat diremehkan. Inilah 3 brand fashion ternama yang berhasil berada dalam jajaran atas bisnis kreatif Indonesia.

1. Airplane Systm

Berawal dari hobi dan iseng, tiga sahabat asal Bandung yang bernama Fiki Chikara Satari, Helvi, dan Colay, membuat sebuah brand pakaian yang diberi nama Airplane Systm. Airplane memakai konsep “season” sejak tahun 2007 sebagai bukti inovasi mereka terhadap perkembangan yang ada. Model pakaian yang mereka usung juga sederhana namun tetap ciamik bagi anak muda. T-shirt, jaket, hingga celana denim dibuat dengan kombinasi warna dan desain yang menarik sesuai dengan season yang berlangsung. Puncak kesuksesan mereka dibuktikan dengan menjadi sponsor salah satu band rock terbaik dalam negeri yaitu The Sigit pada konser mereka di Texas tahun 2008. Ini merupakan salah satu bisnis kreatif sukses asal kota Kembang Bandung yang masih bertahan hingga hari ini.

2. Peter Says Denim

Peter Firmansyah, seorang pemuda asal Sumedang yang gemar berkelana di pasar pakaian kaki lima ini, sukses membuat brandnya sendiri yang dinamakan Peter Says Denim pada tahun 2008. Kualitas produknya sudah tidak diragukan lagi, brand ini telah tenar seantero negeri bahkan sampai ke pasar bisnis kreatif internasional. Selain itu produknya telah digunakan oleh band – band terkenal asal luar negeri. Kesuksesan Peter diawali karena kecintaannya terhadap busana yang bermutu yang waktu itu belum banyak beredar di pasar pakaian Indonesia. Dengan kepandaian bergaul dan sedikit kemampuan marketing, Peter sukses membuat produknya menjadi salah satu produk kebanggan Indonesia dan menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha muda di Indonesia.

3. Ouval RSCH

Kecintaan 3 sahabat terhadap dunia Skateboarding, membuat mereka memutuskan untuk mencoba peruntungan dalam bisnis kreatif pakaian demi memenuhi hasrat komunitas skateboard pada waktu itu. M. Rizki Yanuar,Firman Firdaus, dan Arif Maskom sukses mendirikan Ouval RSCH pada tahun 1997. Ouval RSCH sendiri merupakan akronim dari “Originality for Understanding Viction and Artificial Language”. Konsep yang membuat brand mereka sukses adalah “Limited Edition” yang berarti setiap bulannya mereka hanya menjual sekitar 50 – 100 buah pakaian dengan desain tertentu yang pastinya tidak dapat ditemukan di toko – toko lain.

Itulah beberapa produk dalam negeri yang  sukses berkelana dalam bisnis kreatif Indonesia. Diharapkan para pengusaha muda dapat terinspirasi dan tergerak untuk menciptakan inovasi – inovasi menarik demi kemajuan perekonomian dan bisnis kreatif Indonesia.