Bisnis UKM Kreatif Yang Menjanjikan

Salah satu sector penggerak perekonomian Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini adalah dari sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sektor ini bahkan menyumbang hingga 60% dari Produk Domestik Bruto. Selain itu bisnis UKM juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat menguntungkan dan menghidupkan banyak pihak. Jenis UKM kreatif adalah yang paling banyak diminati oleh para wirausahawan. Berikut ini adalah beberapa bentuk UKM Kreatif yang menjanjikan untuk kedepannya.

1. UKM Teknologi dan Internet

Perkembangan teknologi dan internet boleh dibilang sangat pesat dalam satu dekade terakhir ini. Tentunya ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang ini. Melalui internet Anda dapat memanfaatkan berbagi kelebihan yang ada seperti waktu dan jangkauan yang tidak terbatas bagi perkembangan bisnis Anda. Cobalah mulai dengan membangun startup kecil – kecilan dengan menekuni salah satu bidang yang ada dalam bisnis startup, contohnya e-commerce, aplikasi, media online, dll. Selain mudah untuk memulainya, bisnis di bidang ini juga mendatangkan keuntungan yang besar sehingga pastinya sangat layak untuk di coba.

2. UKM Kuliner

Sejatinya selama masih ada manusia di dunia ini maka bisnis kuliner pastinya tidak akan pernah mati. Ini karena makanan merupakan hal pokok yang harus ada dan dipenuhi manusia agar dapat terus hidup. Berbagi bentuk UKM kreatif dalam bisnis kuliner telah banyak bermunculan dan beberapa diantaranya berhasil menembus pasar besar. Contohnya adalah Sambal Bu Rudi yang pedas serta kelezatannya sudah tidak diragukan lagi.

3. UKM Pakaian

Jika makanan adalah hal pokok yang dibutuhkan manusia, maka pakaian adalah kebutuhan sekunder yang juga wajib terpenuhi dalam kehidupan sehari – hari. Saat ini banyak keinginan akan jenis dan model pakaian tertentu sehingga banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini. Cobalah terapkan system pre-order jika baru memulai bisnis ini agar dapat mengetahui minat dari konsumen dan memahami perkembangan pasar.

Itulah beberapa jenis industri kreatif yang sudah terbukti menguntungkan dan masih menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Beranilah untuk mencoba karena siapa tahu akan datang giliran Anda sukses di bidang yang anda geluti.