Belum Kerja, Tapi Mau Mensejahterakan Indonesia? Bisa!

Mensejahterakan Indonesia bukanlah tugas pejabat dan wakil rakyat saja, namun merupakan tugas seluruh mayarakatnya juga. Mensejahterakan dan memajukan Indonesia bisa dimulai dari ekonominya, lingkungan, dan sosial. Namun, mungkin anda bingung bagaimana cara mensejahterakan melalui bidang tersebut jika anda tidak bekerja di lembaga pemerintahan. Anda tidak harus menunggu bekerja di pemerintahan terlebih dahulu, dengan pekerjaan apapun anda bisa turut serta mensejahterakan bangsa ini. Simak kegiatan berikut yang bisa mensejahterakan Indonesia.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Mensejahterakan Indonesia bisa dimulai dari hal yang paling kecil dan mudah, yaitu membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan. Dengan melakukan hal kecil ini, anda akan menghidari hal besar yang dapat merusak lingkungan, seperti pencemaran saluran air, banjir dan pencemaran alam. Dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, anda bisa turut membersihkan kota dari sampah sampah yang ada.

Memulai Bisnis Sendiri

Hal kedua yang bisa anda lakukan untuk mensejahterakan Bangsa Indonesia adalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru, atau membuat bisnis sendiri. Dengan membuat bisnis sendiri, anda akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan turut memberikan masukan kedalam pendapatan perkapita Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi karena, perputaran uang yang terjadi hanya berada di dalam negri saja. Berbeda dengan bekerja pada perusahaan besar milik asing, dimana keuntungannya tidak sepenuhnya milik Indonesia. Dengan membuat bisnis sendiri, anda bisa meningkatkan perekonomian Indonesia.

Melestarikan Kebudayaan Lokal

Selain mensejahterakan Indonesia di bidang lingkungan dan ekonomi, anda juga bisa meningkatkan kesejahteraan melalui seni budaya. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan berbagai perbedaan, melestarikan perbedaan dan saling menghormati perbedaan sangatlah penting untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Indonesia bisa merdeka dan menjadi besar dikarenakan perbedaan yang hidup harmonis. Karena dari perbedaan tersebut, ide-ide dan pemikiran lebih beragam yang berdapak positif pada perkembangan Indonesia.

Itulah ketiga cara yang sangat mudah yang bisa dilakukan setiap orang untuk mensejahterakan Indonesia. Semua perubahan dimulai dari diri sendiri, dan perubahan sekecil apapun pada diri anda terhadap bangsa, akan berpengaruh besar terhadap masa depan Indonesia.