Bagian Kendaraan Yang Harus Diperiksa Sebelum Pulang Kampung   

Musim liburan sudah dekat, bagi orangtua ini adalah saat – saat dimana mereka bisa mengajak buah hatinya untuk pulang ke kampung halaman sembari menghabiskan waktu bersama. Meskipun jarak untuk menuju kampung halaman biasanya jauh dan macet terutama disaat mudik namun hal itu bisa dihilangkan dengan kegembiraan yang dapat diciptakan sepanjang perjalanan. Nah bagi Anda yang berencana untuk pergi jauh, maka banyak persiapan yang harus dilakukan dari jauh – jauh hari terutama bagian – bagian kendaraan. Persiapan ini harus dilakukan secara menyeluruh agar tiap – tiap komponen pada mobil dapat bekerja dengan baik saat digunakan nantinya. Nah kira – kira apa saja yang bagian kendaraan yang harus dicek sebelum Anda berangkat? Mari kita lihat ulasannya dibawah ini.

1. Pemeriksaan Seluruh Mesin

Tidak perlu melakukan tune-up yang berlebihan jika kondisi mobil Anda masih mumpuni, cukup lakukan tune-up standar yaitu dengan meminta mekanik untuk memeriksa dan membersihkan busi, karburator, klep, serta bila perlu gantilah oli kendaraan. Nah tapi jika Anda ingin menambah power dari kendaraan Anda maka mintalah untuk memeriksa bagian kendaraan bernama karburator. Jangan lupa untuk memeriksa saluran bahan bakar ke ruang pembakaran agar tidak ada residu atau material lain yang dapat menghambat jalannya mekanisme kendaraan.

2. Rem Dan Kaki – kaki Mobil

Peran kaki-kaki mobil dalam menopang beban dan menjaga keseimbangan saat melakukan perjalanan jauh sangatlah vital. Maka dari itu periksalah secara teliti bagian – bagian kecil dari kaki kendaraan seperti rantai, gir, hingga bearing roda. Untuk kanvas rem tidak perlu diganti namun cukup dibersihkan jika ketebalannya masih cukup.

3. Ban

Bagian kendaraan lain yang tidak kalah penting adalah ban. Untuk ban, yang perlu diperiksa adalah tekanan angin serta alur ban. Jika tekanan atau alurnya sudah tidak baik maka akan mempengaruhi keseimbangan dan daya cengkram yang tentu saja dapat membahayakan Anda sekeluarga.

4. Air Radiator

Periksa kondisi air dalam radiator mobil. Jika diperlukan, kuraslah air radioator dan ganti dengan yang baru dan bersih, jika ingin lebih baik lagi Anda bisa menambahkan cairan pendingin agar performa lebih maksimal.

Nah itu dia beberapa bagian kendaraan bermotor yang wajib untuk diperiksa, jangan lupakan juga untuk memiliki pertanggungan kecelakaan yang banyak memberikan manfaat positif bagi Anda sekeluarga.