Atasi Masalah Ketersediaan Air lewat Program CSR

Masalah ketersediaan air di indonesia menjadi salah satu masalah yang cukup pelik. Masih ada banyak wilayah di indonesia yang mengalami masalah kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan masalah tersebut tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan saja namun juga di wilayah terpencil pedesaan. Wilayah perdesaan menjadi salah satu hal yang sangat jarang terjadi namun memang masih ada yang terjadi demikian. Nah, hal ini seharusnya menjadi lokasi yang cocok untuk perusahan-perusahaan di perkotaan untuk menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) mereka. Penyalurannya bisa dilakukan oleh pihak perusahaan langsung ke masyarakat atau diatur secara langsung juga bisa bahkan lebih baik aksi sosial.

Pentingnya Ketersediaan Air di Masyarakat

Mungkin ada banyak kebutuhan sosial lain yang bisa diwujudkan oleh CSR, namun sepertinya kebutuhan akan air bisa menjadi bagian yang paling utama. Air adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena menjadi kebutuhan kedua setelah udara. Tanpa air akan sangat besar masalahnya dibandingkan tanpa makan. Maka dari itu tidak salah kalau rekomendasi untuk para perusahaan menyalurkan dana mereka untuk membangun fasilitas ketersediaan air dibanding dengan membangun taman dan lainnya. Air itu sumber kehidupan yang akan menentukan daya hidup seseorang. Dengan demikian, maka sebaiknya coba kita jadikan agenda ini sebagai prioritas dalam penyaluran CSR.

Program CSR Sosial juga Kemanusiaan

Program CSR yang dilakukan dalam tujuan pembangunan fasilitas air sebetulnya menjadi lebih bermanfaat dibanding dengan yang lainnya. Kenapa seperti itu? Ya, jelas lebih bermanfaat karena memang proyek ini lebih dari sekedar bantuan sosial saja melainkan bisa menjadi bagian penting dari sebuah kemanusian. Jika bantuan CSR yang digunakan untuk beberapa fasilitas taman dan lainnya, mungkin itu hanya bantuan sosial saja. Berbeda dengan bantuan yang diberikan untuk membangun fasilitas air yang akan bisa menjadi bantuan kemanusian demi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Perlu Menjadi Prioritas Perusahaan

Pemberian CSR dalam hal ini bisa menjadi salah satu upaya yang banyak direkomendasikan dibanding hanya memberikan santunan bantuan saja. Kehidupan manusia akan sangat bergantung pada ketersediaan air. maka dari itu ada baiknya jika pembangunan fasilitas yang berhubungan dengan air dijadikan prioritas oleh banyak perusahaan. Pastinya ini akan lebih baik untuk dijadikan prioritas utama disamping beberapa kebutuhan yang lainnya. Prioritas akan kebutuhan masyarakat sosial penting juga untuk menjadi bahan kajian sebelum kemudian kita memutuskan untuk memilih pilihan yang terbaik.

Di masyarakat ada banyak sekali masalah dan kebutuhan yang bisa menjadi objek bantuan dari dana CSR. Karena memang ada banyak bagian tertentu yang sebaiknya dipikirkan, maka ini akan menentukan hal yang menentukan apakah bisa berhasil mendapatkan apa yang dibutuhkan atau tidak. Jika anda ingin menyalurkan CSR dengan tepat sasarn, pilihlah yang paling dibutuhkan tidak hanya sebagai kebutuhan sosial namun juga kebutuhan kemanusiaan.