4 Ide Wirausaha untuk Anda yang Masih Sekolah

Bagi para pelajar, memiliki uang sendiri tanpa meminta dari orangtua merupakan suatu kebanggaan sendiri. Salah satu cara untuk mendapatkan uang sendiri ialah dengan ide wirausaha yang terpintas di kepala. Sekolah sebagai sarana bertemunya banyak orang mulai dari teman sendiri hingga guru dan staff merupakan lahan yang cukup baik untuk memulai bisnis. Hal ini disebabkan karena di sekolah Anda bisa bertemu teman yang bisa menjadi partner atau link building Anda, selain itu ‘masyarakat’ sekolah merupakan pasar yang baik. Berikut adalah empat ide wirausaha untuk Anda yang masih sekolah.

1. Kuliner

Bisnis makanan memang tidak ada habisnya, selagi manusia masih akan merasa lapar. Bisnis kuliner di sekolah bisa menjadi salah satu ide wirausaha bagi Anda. Mungkin sekolah Anda sudah memiliki kantin yang sudah menjual makanan yang beragam, namun bukan berarti Anda tidak bisa masuk ke dalam bisnis kuliner sekolah. Dengan memberikan added vlue pada produk dan bermodal link dari teman-teman anda sebagai sarana promosi, Anda bisa dengan mudah melakukan bisnis tersebut.

2. Merchandising

Ide wirausaha berikutnya adalah merchandising. Dalam melakukan bisnis merchandising ini, yang Anda butuhkan adalah vendor percetakan seperti kaos, stiker dan pin. Hal yang mudah dilakukan dan sudah memiliki calon pembeli adalah dengan membuat merchandising sekolah Anda sendiri. Dengan menambah nilai seni dan mencetaknya menjadi stiker, kaos, atau pin, dijamin produk Anda akan laris.

3. Fotografi

Ide lainnya yang tidak kalah menguntungkan adalah dengan menawarkan jasa fotografi sekolah. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dan hobi di fotogrfi, Anda bisa memanfaatkan ha tersebut untuk mendapatkan uang sendiri. Anda bisa menawarkan jasa fotografi untuk buku tahunan, pas foto setiap murid, foto kelas dan lain-lain.

4. Seniman

Ide wirausaha yang terakhir adalah menjadi seniman. Menjadi seniman yang dimaksud bisa berupa memiliki sebuah grup band, menjadi pelukis, penyanyi, dan seni lainnya. Memiliki hobi terkait dan berusaha fokus di bidang tersebut dapat mengalirkan rupiah ke dompet Anda. Memulai karya dari bangku sekolah sangatlah baik, selain mendapatkan uang lebih dari hasil penjualan seni tersebut, Anda juga bisa menjual nama Anda sebagai seorang seniman sejak dini.

Itulah empat ide wirausaha yang bisa dilakukan di bangku sekolah. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk melakukan jenis usaha lain yang beragam di sekolah seperti wirausaha sosial. Kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah mencintai apa yang Anda lakukan dalam bisnis tersebut. Dengan mencintai, Anda akan menjalankannya dengan totalitas dan senang hati.