3 Tips Agar Kegiatan Menabung Menjadi Menyenangkan

Tiga orang menabung uangTerkadang kegiatan menabung menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika banyak keinginan yang mau dibeli. Pada dasarnya, setiap manusia perlu menabung, pasalnya seseorang tidak akan tahu kapan dia akan memerlukan uang jalam jumlah tertentu di suatu waktu. Keperluan dadakan seperti itu mungkin memerlukan uang yang lebih, seperti sakit, kecelakaan, bencana alam, dan insiden lainnya yag membutuhkan uang lebih untuk memperbaikinya. Dengan memiliki tabungan, seseorang bisa memiliki ‘pegangan’ atas hal-hal tak terduka yang mereka alami. Namun, bagaimana caranya agar seseorang tergerak untuk menabung untuk keperluan mendadak seperti yang dicontohan sebelumnya? Simak tiga tips dibawah ini agar kegiatan menabung menjad hal yang menyenangkan.

Tentukan Target yang Akan Diperoleh

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat kegiatan menabung menyenangkan adalah dengan menentukan target yang akan diperoleh. Target ini bisa berupa jumlah akhir pada tabungan. Misalnya, durasi yang anda tentukan adalah enam bulan masa menabung dengan jumlah tabungan 20rb per hari. Maka dalam enam bulan, tabungan anda bisa menjadi tiga juta enam ratus ribu rupiah. Dari jumlah akhir yang akan anda dapatkan bisa menjadi trigger atau penyemangat anda untuk menabung setiap harinya dengan jumlah yang konstan.

Cari Media Menabung yang Menarik

Salah satu yang bisa menjadi trigger untuk mendukung kegiatan mebaung anda adalah dengan mencari media penyimpanannya. Anda bisa memilih bank sebagai media penyimpanan uang tabungan tersebut, atau menggunakan media lain seperti investasi. Investasi yang bisa anda gunakan pastinya yang sudah anda pahami, mengerti, dan anda suka. Sebagai contoh investasi yang bisa anda gunakan adalah reksadana dan emas batangan yang bisa dicairkan ke bentuk uang dalam jangka waktu yang relatif cepat.

Atur Keuangan per Bulan

Tips terakhir adalah dengan membuat perencanaan keuangan dalam sebulan. Pendapatan yang anda terima sebaiknya langsung dibagi berdasarkan kebutuhan dan sebagian disisihkan untuk menabung. Dengan cara ini, anda tidak akan tergoda untuk mengutak-atik uang tabungan tersebut, karena sudah terjatah sendiri.

Itulah ketiga tips agar kegiatan menabung menjadi suatu hal yang menyenangkan, bukan suatu hal yang memberatkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan anda semangat untuk menabung.