3 Jenis Industri UKM yang Mudah Diciptakan

UKM atau yang disebut dengan usaha kecil dan menengah memang sedang gencar-gencarnya diciptakan. Hal ini dikarenakan pemerintah yang mendukung terciptanya ribuan industri tersebut melalui Kementrian Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah. Alasan dibalik dukungan pemerintah terhadap terciptanya banyak UKM adalah untuk memajukan perekonomian bangsa ditengah banyaknya kegiatan impor yang tak erkendali. Selain itu, pemerintah ingin meningkatkan pendapatan per kapita Indonesia, dengan memaksimalkan cahflow dalam negri. Untuk menciptakan UKMpun bisa dikatakan susah-susah gampang, karena diperlukan keseriusan dan tekat yang besar untuk mengsukseskan bisnis tersebut. Dalam proses pemasaran, saat ini sudah banyak media yang bisa dimanfaatkan seperti media online yang dijelaskan dalam web ini. Untuk memulainya, mungkin anda bingung ingin memulai pada bidang apa. Berikut tiga ide industri UKM yang tidak terlalu sulit untuk diciptakan.

Fashion

Industri pertama yang bisa dimulai adalah Industri fashion. Saat ini produk local untuk fashion sudah sangat beragam, mulai dari sepatu, celana, denim, tas, topi, kain, jaket, dan lain sebagainya. Industri fashion mungkin bisa menjadi industry yang mudah untuk dimulai. Sebagai contoh, anda bisa membuat sebuah concept store, dengan menjual kaos atau fashion lainnya yang memiliki sebuah identitas, atau konsep. Dengan bermodal ide kreatif yang dituagkan dalam sablon kaos, atau potongan potongan celana. Hal yang perlu dimiliki lainnya adalah, koneksi ke dalam produsen bahan masing-masing yang dpat anda pelajari. Kelak anda bisa memproduksi bahan mentah itu sendiri dengan mengurangi jumlah produsen untuk menambah keuntungan dan quality control.

Makanan

Industri berikutnya yang bisa anda tekuni adalah industry makanan. Beberapa tahun lalu, pemerintah Jakarta merubah sebuah pasar menjadi tempat berkumpulnya para pencipta industry kreatif, salah satunya makanan. Sebuah pasar bernama Pasar Santa memiliki banyak kios yang menjual berbagai makanan yang tidak biasa. Dengan resep yang berbeda dengan campuran gaya western, asia dan latin, kedai-kedai makanan tersebut laris dikunjungi bayak orang.

Handycraft

Industri yang terakhir adalah industry handycraft, dimana membuat suatu kerajinan menjadi suatu yang berguna. Contohnya adalah membuat sebuah tas yang berbahan kertas koran. Contoh lainnya adalah membuat sebuah gantungan kunci dari bamboo, hingga membuat peralatan rumah tangga ari bamboo atau kayu.

Itulah ketiga ide bisnis UKM yang bisa anda mulai. Namun, itu semua kembali lagi ke diri anda yang ketrampilan anda. Semakin anda menyukai hal tersebut, anda akan selalu mencoba untuk berinovasi terhadap produk tersebut.